Cara Menyelamatkan Smartphone yang Terendam Air

19.01

 - Memang sekarang ini banyak sekali vendor smartphone yang memberikan fitur Anti-air pada smartphone buatan mereka, Namun apakah semua vendor smartphone sudah memberikan fitur tersebut? jawabannya masih banyak yang belum, kenyataannya pada saat ini kira - kra baru ada 5 vendor saja yang di Smartphone buatan mereka terdapat fitur anti air ( IP 67 ).

Jika sobat memiliki smartphone yang belum terdapat fitur anti airnya, apakah sobat pernah menjatuhkannya di air? mungkin saat lagi akan berenang terus smartphone sobat berada di kantong celana lupa untuk mengeluarkannya dan ke bawa berenang? Jika sobat mengalami hal tersebut, cepat lakukan hal - hal di bawah ini dengan segera setelah Ponsel sobat terendam air, karena terlambat 2 detik saja, Ponsel sobat bisa wafat.


Cara Menyelamatkan Smartphone yang Terendam Air

Langkah - langkahnya :

  •  Segera keluarkan Ponsel dari dalam air, Lalu segera matikan Ponsel untuk menghindari terjadinya konsleting.
  •  Keringkan Ponsel dengan handuk atau kain sejenisnya yang mudah menyerap air.
  •  Lalu lepas semua aksesoris Ponsel, meliputi casing dan Baterai. ( namun cara ini hanya berlaku pada smartphone yang baterainya bisa di lepas, Jika sobat memiliki ponsel dengan desain Uni body atau Baterai tanam, lanjut kelangkah selanjutnya)
  •  Untuk Ponsel Uni Body, segera keluarkan Sim Card dan Kartu SD.
  •  Kalau bisa, Lepaskan Casing Ponsel dan keringkan, Proses pengeringan harus lebih seksama dari pada dari yang baterainya bisa dilepas.
  •  Pada saat pengeringan lakukan pengeringan tambahan dengan menggunakan handuk atau sejenisnya ( sebisa mungkin Ponsel jangan sampai goyang agar air yang masih ada di dalamnya tidak bergerak kesana - kemari )
  • Jika ada, Keringkan denga Vacuum Cleaber " Lho kok Vacuum cleaner,bukan Hair dryer" karena agar air di dalam yang masih tersisa tidak bergerak kesana - kemari, karena kan Hair dryer sifatnya meniup kalau Vacuum Cleaner sifatnya menyedot.
  •  Lakukan pengeringan menggunakan Vacuum Cleaner tadi selama kuang lebih 20 Menit hingga air di dalam ponsel benar - benar kering.
Proses tersebut tidak menjamin bahwa Ponsel sobat akan bebas dari kerusakan, proses pengeringan tersebut hanya merupakan pertolongan pertama untuk ponsel yang terendam air. Jika Ponsel masih mati tidak dapat di hidupkan, satu - satunya cara hanyalah membawanya ke Service Center.


Demikian sobat untuk artikel pada kesempatan kali ini, Semoga bisa membantu sobat , walaupun belum tentu membantu dan berhasil. Jika ada kesalahan mohon di maafkan ya sobat... karena saya selaku Admin dari blog ini juga Manusia pastilah memiliki kesalahan,

Terima Kasih Telah berkunjung..^_^




Bagikan Artikel Ini!!
Previous
Next Post »
0 Komentar