Cara mengatasi Android yang gagal melakukan Update Sistem

16.33

   Melakukan update sistem pada Ponsel Android merupakan suatu hal yang sangat penting, karena ketika Android di Update, update tersebut biasanya akan menambah kenyamanan penggunanya dengan memperbaiki bug, peningkatan performa dll. Update Sistem Android juga akan berdampak kepada Android itu sendiri, Misalkan saja umur Ponsel Android sobat akan lebih panjang serta kinerja sistemnya akan terus bertambah seiring dengan Update tersebut.


Cara mengatasi Android yang gagal melakukan Update Sistem


Namun apakah sobat pernah mengalami gagal saat mengupdate sistem Android sobat, yakni saat sedang menginstal update, pas sudah setengah jalan tiba- tiba muncul tulisan " Instalation Aborted"
pasti bingung kan? 
Saya sendiri pernah mengalami hal ini, di Android baru saya, eh...ya tidak baru sih kira - kira sudah setahun lebih Ponsel ini bersamaku. saya cerita sedikit ya..( langsung lompat ke caranya jika tidak ingin membaca cerita ini XD )
Dulu saya sempat melakukan rooting pada ponsel saya satu ini, pada saat itu tidak ada masalah dan akhirnya saya pernah menginstal berbagai Cusrom di Android saya tersebut dan pada saat itu aman - aman aja tidak ada masalah. Namun masalah mulai muncul pada saat saya kembalikan ke ROM Stock dan ketika ada notifikasi Update sistem dan saya Update, tidak bisa. Tulisannya instalation Aborted terus.

Nah...jika sobat mengalami hal tersebut saya ada caranya untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan disimak .

Hal pertama yang harus sobat lakukan :

  Cek Android dari program yang dapat mengahmbat jalannya Update Sistem Android, Root adalah faktor utama kegagalan melakukan proses update sistem di Android. Untuk itu kalian harus copot dulu akses root tersebut.

Bagaimana cara mengatasinya ?

  Sobat bisa mengupdate melalui Custom Recovery ( Root ) seperti CWM, TWRP, Philz.
caranya buat Flashable dari firmware terbaru dan buat file dengan extensi .zip, Lalu flash menggunakan Custom Recovery tersebut.
Untuk mengecek Firmware dari merk Android sobat, bisa pergi ke Official websitenya atau kalau tidak ada opsi download Firmware bisa pergi ke www.firmwarefile.com.

Untuk yang ingin menghilangkan Root:

  Sebenarnay ada 2 langkah untuk cara ini yaitu dengan menginstal Unroot.zip menggunakan Custom Recovery tadi dan Flashing menggunakan Komputer, karena proses Flashing ulang dapat menyegarkan Android sobat serta menghilangkan Root secara permanen.
Misalnya untuk Samsung adalah ODIN dan untuk merk - merk cina biasanya menggunakan SPFLASHTOOLS.



Perhatian : saya tidak bertanggung jawab atas segala hal buruk yang mungkin terjadi pada Android sobat, cara ini juga tidak bisa menjamin bahwa Android sobat akan sembuh. Satu - satunya cara jika cara diatas tidak berhasil adalah membawanya ke service center, tapi garansi Ponsel tersebut akan hangus jika Ponselnya sudah pernah di Root.


Ok sobat demikian Untuk cara mengatasi android yang gagal , semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua, dan jangan lupa di share ya..
Terima kasih telah berkunjung ^_^

Bagikan Artikel Ini!!
Previous
Next Post »
0 Komentar